Tanaman Buah

Kastara.ID, Depok – Kelurahan Tirtajaya menggelar pelatihan penganekaragaman keamanan pangan bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA). Pelatihan diadakan dalam rangka menciptakan urban farming atau bercocok tanam di wilayah perkotaan dan menciptakan ketahanan pangan.

“Mereka diberikan teknik dan pembelajaran oleh Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok. Dengan harapan bisa bermanfaat untuk kelompoknya dan lingkungan sekitarnya,” jelas Lurah Tirtajaya, Mohammad Imron, sebagaimana dimuat laman resmi Pemkot Depok, Kamis (28/10).

Imron menjelaskan, kegiatan yang diadakan selama tiga hari tersebut diisi dengan teori dan praktik mengenai penganekaragaman keamanan pangan. Salah satunya tentang teknik mencangkok pada pohon-pohon yang memiliki bibit unggul.

“Ada juga praktik tentang zat-zat yang bisa menumbuhkan tanaman agar buahnya berbuah nantinya dapat berkembang dengan bagus dan baik,” jelasnya.

Sementara Marsinah, warga RT 05 RW 03 yang ikut dalam pelatihan tersebut, mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. Selain dapat menambah pengetahuan, juga bisa mengembangkan usaha miliknya.

“Mudah-mudahan bisa mempraktikannya di rumah, bisa maju usahanya, bisa bercocok tanam, bisa juga menambah pendapatan bagi keluarga,” ungkapnya. (dha)