Kastara.ID, Buriram — Jika selama ini pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, sering memposisikan dirinya di belakang pembalap cepat untuk mengambil keuntungan, kali ini situasinya berbalik.

Tapi kali ini di sesi Latihan sore MotoGP Thailand, Jumat (27/10) kemarin, giliran Marquez dimanfaatkan pembalap lain untuk mengejar lap tercepat.

Pembalap Spanyol lainnya, rookie Augusto Fernandez, berhasil menamankan posisinya langsung ke Q2 setelah finis sepuluh besar, berkat mengekori laju Marquez.

“Sungguh menyenangkan. Biasanya saya mengatakan bahwa saya memiliki ritme dan saya tertinggal, tapi hari ini saya menyadari bahwa saya tidak memiliki ritme yang baik,” ungkap Fernandez yang dilansir Motosan.es.

“Yang terjadi justru sebaliknya. Saya belum merasakan perasaan yang baik selama latihan. Dengan ban bekas saya kesulitan, karena sering terjatuh dan saya merasa semakin buruk, namun dengan ban baru saya mengikuti Diggia dan Marc dan ya, saya mengekorinya,” papar pembalap Spanyol itu.

“Hal ini berbanding terbalik dengan Australia. Hari ini saya tidak bisa melaju sendiri dan saya membutuhkan towing. Itu adalah Marquez karena saya bertemu dengannya, dan Di Giannantonio juga ada di sana. Di sektor tiga dan empat berjalan baik. Tapi harus tahu cara mengatur kecepatan untuk menjaga ban, itu sudah cukup sulit,” jelas pembalap GASGAS itu.

Sebagai pembalap debutan, Fernandez memang jarang bisa langsung menembus Q2, namun kali ini dia berhasil setelah memanfaatkan Marquez. (tra)