Kastara.ID, Jakarta – Rumah pompa BGR di Kali BGR, Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang sudah rampung dibangun rencananya mulai dioperasionalkan Januari 2020 nanti.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara, Adrian Mara Maulana mengatakan, pembangunan rumah pompa dilaksanakan sejak Juni 2019 lalu. Pembangunan meliputi pembangunan ulang dua jembatan di Jl Bukit Gading Raya yang melintang di atas Kali BGR dan pengadaan pompa.

“Sebelum ada pompa alirannya dibuang melalui Kali Betik sebelum ke Kali Sunter. Sekarang pompa bisa langsung membuang ke Kali Sunter di Jl Perintis Kemerdekaan,” katanya, Sabtu (28/12).

Dijelaskan Adrian, pengerjaan pembangunan rumah pompa juga meliputi pendalaman longstorage dan pembangunan ulang dua jembatan di Jl Bulit Gading Raya. Kedua jembatan dibangun menggunakan material enam buah boks culvert masing-masing berukuran 2,5 meter.

Menurut dia, pembangunan ulang jembatan lantaran ketinggiannya dikhawatirkan menghambat aliran dan menyebabkan sampah tersangkut. Jembatan yang dibangun ulang itu dilengkapi pedestrian berikut railing.

Pembangunan rumah pompa bertujuan mengatasi genangan di kawasan Jl Bukit Gading Raya, Boulevard Barat dan Jl Raya Gading Kirana.

Secara teknis, sebanyak dua unit pompa stationer berkekuatan 2.000 liter perdetik dan dua pompa lumpur berkekuatan 250 liter perdetik akan mengalirkan air ke Kali Sunter.

“Saat ini kita tengah melakukan rekrutmen tenaga operatornya. Januari ini bisa dioperasionalkan,” tandasnya. (hop)