Inflasi

Kastara.id, Jakarta – Inflasi 2017 terkendali pada level yang rendah dan berada pada sasaran inflasi 4±1%. Inflasi IHK bulan Desember 2017 tercatat sebesar 0,71% (mtm), sehingga secara keseluruhan tahun inflasi 2017 mencapai 3,61% (yoy).

“Meski demikian, Bank Indonesia akan terus mewaspadai risiko kenaikan inflasi. Untuk itu, koordinasi kebijakan antara Bank Indonesia dengan Pemerintah, baik Pusat maupun Daerah, dalam pengendalian inflasi akan terus diperkuat,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bak Indonesia (BI) Agusman di Jakarta, Senin (29/1).

Agusman memaparkan, inflasi dalam tiga tahun terakhir secara konsisten berhasil dikendalikan dalam kisaran sasaran. Terkendalinya inflasi 2017 didorong oleh rendahnya inflasi inti dan inflasi volatile food serta terkelolanya dampak kenaikan berbagai tarif dalam inflasi administered prices.

Selain itu, kata Agusman, terkendalinya inflasi 2017 juga didukung oleh faktor positif permintaan dan penawaran, rendahnya tekanan dari eksternal, serta koordinasi kebijakan yang kuat antara BI dan Pemerintah di Pusat maupun Daerah.

“Ke depan, inflasi diperkirakan kembali berada pada sasaran inflasi 2018, yaitu 3,5±1%,” ujarnya. (mar)