Hercules TNI AU

Kastara.ID, Jakarta – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) menyiagakan tiga pesawat menunggu instruksi dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari wilayah karantina penyebaran virus corona (N-Cov) di China.

Mengenai pesawat untuk menjemput WNI di China, TNI AU telah menyiapkan dua pesawat jenis Boeing dan satu pesawat jenis Hercules.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto mengatakan, pihaknya masih menanti instruksi dari Kemenlu karena sejauh ini Pemerintah China melarang transportasi dari dan ke luar wilayah Wuhan.

“Nunggu dari Kemenlu bisa tembus enggak ke pemerintah sana untuk agar kita bisa berangkat atau tidak, yang jelas TNI AU siap 24 jam,” kata Fajar kepada awak media, Rabu (29/1).

Diketahui, WNI yang saat ini terdata berada di China dan kemungkinan akan dievakuasi, Fajar belum bisa memastikan. Estimasi sekali penjemputan bisa membawa sekitar 100 hingga 200 WNI.

Para tenaga medis dari pihak TNI AU yang akan ditugaskan untuk menjemput WNI di China ini pun telah siap untuk diberangkatkan. Hanya saja Fajar tak merinci berapa total petugas tersebut.

Hingga saat ini sudah ada 131 meninggal dunia akibat virus tersebut. Sementara di China sudah tercatat lebih dari empat ribu orang mengidap virus tersebut. (ant)