Ketua DPD Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi Dan Beras Indonesia (Perpadi) DKI Jakarta, Nelis Soekidi mengatakan, selain ketersediaan yang cukup harga penjualan beras di Pasar Induk Beras Cipinang dalam beberapa hari ini juga sudah mulai turun.

Nelis menjelaskan, di Pasar Induk Beras Cipinang beras medium dari Bulog dijual dengan harga Rp 10.600 per kilogram. Sedangkan beras premium dijual sekitar Rp 13.500 hingga Rp 14.000 per kilogram. Padahal kemarin harganya mencapai Rp 14.500 per kilogram.

Menurut Nelis, turunnya harga ini salah satunya dipicu musim panen di beberapa daerah seperti Solo, Sragen, Ngawi, Boyolali, dan sejumlah daerah lainnya.

“Masyarakat tidak usah khawatir, karena harga beras sudah mulai turun, bisa di bawah harga Rp 13.500 per kilogram. Penurunan harga ini sudah terjadi sejak tiga hari lalu, dengan kisaran Rp 1.000-1.500 per kilogram penurunannya,” kata Nellis.

Hal serupa diutarakan Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi. Dia memastikan, ketersediaan beras cukup aman meski saat puasa nanti kebutuhan pasar meningkat sekitar 20-30 persen.

“Diperkirakan pada Maret mendatang pasokan beras akan bertambah hingga 3,5 juta ton,” ungkap Arief.

Disebutkan Arief, pihaknya akan terus monitor kondisi harga dan pasokan di pasar induk tersebut. Agar masyarakat merasakan nyaman, tidak resah saat bulan puasa nanti. (hop)