Argo Yuwono

Kastara.ID, Jakarta – Polda Metro Jaya mempersiapkan pengamanan khusus jelang debat calon presiden keempat, di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3) besok.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pengamanan akan dilakukan berlapis. Ring satu berada di area dalam gedung dan dijaga oleh Paspampres. Kemudian ring kedua di area bawah tanah hotel dengan penjagaan dari TNI dan Polri. Ring ketiga berada di sekitar kawasan hotel dan jalan depan hotel yakni di jalan Margono Djojohadikusumo. Terakhir di Ring 4 meliputi wilayah menuju ke lokasi seperti di Simpang Dukuh Atas.

Polda Metro Jaya menerjunkan sekitar lima ribu personel yang terdiri atas gabungan TNI, Polri, Pemda hingga Dinas Kebakaran yang tergabung dalam satuan pengamanan khusus.

“Kita sudah koordinasikan dengan KPU, TNI, dan Kodam terkait pengamanan ini,” jelas Kabid Humas.

Selain pengamanan pada hari H, Polda Metro Jaya bersama TNI melakukan patroli di seluruh polres di Jakarta sebelum terlaksananya debat capres.

Selain itu, Polda Metro Jaya melalui Direktorat Lalu Lintas juga akan melakukan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan panjang. “Rekayasa lalu lintas sifatnya nanti situasional dari Ditlantas,” kata Kabid Humas.

Kabid Humas juga menambahkan bahwa pengamanan pada debat Sabtu nanti tidak akan jauh berbeda dengan pengamanan pada debat sebelumnya. “Pengamanan hampir sama dan tujuan dari pengamanan itu kan agar debat dapat berjalan dengan aman, lancar, dan tertib,” kata Kabid Humas. (rya)