Kastara.ID, Portimao – Buntut insiden yang melibatkan Marquez di Tikungan 3 MotoGP Portugal 2023 akhirnya dikomentari pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro.

Seperti diketahui, pembalap tuan rumah tuan rumah, Miguel Oliveira, ditabrak oleh pembalap Spanyol, Marc Marquez. Pengawas Balap kemudian menjatuhkan hukuman Long Lap Penalty ganda untuk Marquez.

Namun bagi Aleix, hukuman itu terlalu ringan dan menyarankan Marquez untuk dilarang balapan di MotoGP, minimal satu seri.

“Menurut saya, mereka (Stewards) harus melarangnya (Marquez) untuk satu balapan, itu minimal,” ungkap Aleix seperti dilansir Crash.net.

“Seperti Takaaki Nakagami di Barcelona. Bukan saya yang membuat aturan. Saya hanya berharap Miguel baik-baik saja. Kecepatan hantamannya bisa menghancurkan lutut Anda,” jelasnya.

Aleix pun membandingkannya saat pernah ditabrak dengan keras oleh pembalap lain. “Brad menghantam lutut saya dan saya sakit selama satu tahun. Jadi saya harap Miguel baik-baik saja,” imbuh Aleix.

Awal MotoGP 2023 ini memang sangat sulit, setidaknya ada empat pembalap yang berakhir di rumah sakit karena tabrakan hanya dalam satu seri. (tra)