Kastara.ID, Portimao – Seperti diketahui, FIM dan Dorna Sports secara tegas menyatakan bahwa pembalap asal Spanyol, Marc Marquez dijatuhi hukuman Long Lap Penalty ganda untuk Grand Premio Michelin de la Republica Argentina.

FIM MotoGP Stewards Panel di Portimao yang terdiri dari Andres Somolinos, Freddie Spencer, dan Tamara Matko mengatakan, Marquez bersalah dalam insiden Tikungan 3.

Namun Marquez juga mengalami cedera dan harus menjalani operasi dan pemulihan, sehingga Marquez melewatkan balapan di Argentina. Artinya, Marquez bisa lolos dari hukuman tersebut, karena dalam surat resmi hukumannya, Marquez harus menjalaninya di Argentina, bukan di seri berikutnya di mana dia fit untuk balapan.

Sekarang tim lawan bertanya-tanya apakah penalti Marquez akan dibatalkan begitu saja karena kata-katanya secara eksplisit mengacu pada GP Argentina. Jika demikian, mereka tidak akan menerima kesalahan formal ini tanpa perlawanan.

Tapi masih belum jelas apakah Marquez akan menjalani hukumanya di Amerika (seri ke-3) ketika dia sudah siap balapan nanti?

Seperti diketahui, pada balapan MotoGP Portugal Marquez menabrak dua pembalap dan membuat salah satunya tersungkur sangat keras. Marquez sendiri ikut terjatuh dan tulang ibu jari tangan kanannya patah.

Tim Repsol Honda telah mengonfirmasi bahwa pembalapnya akan absen di Argentina karena harus menjalani pemulihan. (tra)