Kastara.ID, Portimao – Balapan MotoGP Portugal 2023 meanmpilkan persaingan sengit. Bahkan pembalap satelit RNF Aprilia, Miguel Oliveira, sebenarnya tampil sangat kompetitif di balapan kandangnya. Sayangnya, seri pembuka musim MotoGP 2023 ini berakhir sangat buruk bagi Oliveira.

Ketika berjuang untuk podium dalam balapan pada Ahad (26/3) lalu, Oliveira dihantam oleh pembalap Repsol Honda, Marc Marquez pada lap ke-3. Tikungan 3 Portimao menjadi mimpi buruk, Oliveira ditabrak Marquez dan sempat ditandu untuk keluar lintasan.

Setelah balapan, Oliveira mengatakan pendapatnya tentang Marquez. “Sangat menyedihkan menyelesaikan GP kandang seperti ini, terutama setelah hanya melakukan dua lap, dan dalam insiden bentrok,” papar Oliveira seperti diwartakan Crash.net.

“Saya termotivasi dan sangat tenang tentang balapan ini karena saya tahu saya punya kecepatan yang bagus, kecepatan yang bagus untuk menantang lima besar. Sejak Sabtu posisi terendah saya adalah P6 dalam pemanasan, jadi saya cukup kompetitif akhir pekan ini. Sangat disayangkan mengakhiri balapan seperti itu dan juga disayangkan bahwa Marc mengalami cedera,” imbuhnya.

Terkait insiden tersebut, Oliveira menyebut Marquez terlambat mengerem. “Dia mengerem terlalu lambat, mungkin terlalu optimis untuk mengoper. Dia harus menghindari Martin karena dia tidak akan cukup berhenti. Dan kemudian dia tidak bisa menghindari saya, pasti. Tidak ada insiden yang terjadi dengan sengaja, ini jelas. Tapi mungkin pada beberapa lap pertama dia ingin mendapatkan posisi dan saya pikir itu adalah tempat yang salah untuk melakukannya,” jelas Oliveira.

“Kami bertemu di pusat medis. Saat itu saya belum melihat tayangan ulangnya. Dia bilang kalau mungkin dia bermasalah pada remnya. Maksud saya, saya tidak bisa berkata apa-apa lagi. Tentu saja, ada rasa hormat dan jelas permintaan maafnya diterima. Tapi, ketika kami mengalami masalah dengan rem pada motor ini, biasanya kami mengerem sedikit lebih awal dan tidak mencoba menyalip. Jadi ini yang utama. Yang pasti, dia tahu ini lebih baik dari saya,” pungkas Oliveira.

Marquez akhirnya dinyatakan bersalah dan mendapat hukuman Long Lap Penalty ganda. (tra)