Kastara.ID, Portimao – Pembalap Portugal, Miguel Oliveira, harus melewatkan seri kedua MotoGP 2023, yang akan berlangsung di Argentina akhir pekan ini.

Setelah menjalani pemeriksaan medis lebih lanjut, diketahui ada cedera baru yang menimpa Oliveira.

Pembalap satelit RNF Aprilia itu terjatuh setelah ditabrak pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Marquez kehilangan kendali motornya di Tikungan tiga dan tak dapat menghindari kecelakaan yang menyertakan dua pembalap lain, termasuk Oliveira.

Sayangnya, kini Oliveira harus fokus untuk pemulihan cedera dan berharap bisa mengikuti seri ketiga di Amerika Serikat, namun untuk seri kedua di Argentina akhir pekan ini, Oliveira dipastikan tak dapat ikut serta.

“Setelah kecelakaannya di Grand Prix Portugal, Oliveira menjalani pemeriksaan lebih lanjut di kota asalnya, di mana cedera tambahan teridentifikasi yang akan mencegahnya untuk ambil bagian di GP kedua musim ini,” bunyi rilis resmi tim RNF yang dilansir Motorsport.com.

Oliveira sendiri menjelaskan kondisi cederanya lewat postingan Instagram.

“MRI yang dilakukan hari ini di Lisbon membenarkan kecurigaan yang kami duga kemarin setelah pemeriksaan di sirkuit. Cedera pada tendon rotator eksternal kaki kanan telah diidentifikasi, yang mencegah saya tidak hanya untuk berjalan, tapi juga mengendarai motor dan bersandar ketika menikung. Cedera ini tidak dapat dioperasi dan hanya istirahat yang dapat menyembuhkannya,” paparnya.

Tim RNF sendiri sangat berharap Oliveira bisa sembuh untuk Grand Prix Amerika atau seri ketiga.

“Meskipun kecewa, Oliveira tetap berkomitmen pada tujuannya untuk tampil baik di Grand Prix dan akan fokus pada pemulihannya untuk kembali ke balapan. Aprilia RS-GP-nya untuk seri ketiga musim di Austin, dua minggu kemudian,” ungkap timnya mengabarkan.

Dengan Oliveira, kini sudah terhitung empat pembalap yang akan absen di Argentina, tiga lainnya adalah Marquez, Pol Espargaro, dan Enea Bastianini. (tra)