Jaya Wilantara Lim

Kastara.id, Jakarta – Menjelang penutupan pameran akbar otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, Total Synthetic Leather menggelar kembali ajang kreativitas di bidang jok mobil lewat lomba berkreasi memasang jok mobil. Even yang mengundang seatmaker di Jabodetabek ini digelar di stan P29-30 PAHAMI Village, Sabtu (28/4).

Jumlah peserta tahun ini hanya diikuti tujuh peserta, turun jika dibandingkan tahun lau yang diikuti 11 peserta. Lombanya sendiri menitikberatkan kerapian dan kecepatan pemasangan serta diikuti tampilan dan desain yang akan dinilai juri.

“Lomba berjalan baik dan lancar. Setiap peserta telah mengikuti aturan main dan menonjolkan keahliannya di bidang pasang jok paten. Walaupun peserta berkurang dari tahun lalu namun tetap semangat,” ujar CEO Total Synthetic Leather Jaya Wilantara Lim.

Setiap peserta memiliki kreativitas dan pesan tersendiri mengenai jok yang dibangun. Selain memiliki pijakan dan metode, peserta juga harus memperhatikan proses mulai dari penyiapan bahan, pembuatan pola, pemotongan, penjahitan dan pemasangan yang semuanya masuk dalam kategori penjurian. Total pun berupaya mengeksplorasi proses tersebut lebih dalam melalui lomba ini.

Ketua Indonesian Authorized Trimmer Summit (IATS) Oscar Widjaya yang hadir mengatakan, lomba ini sangat baik dan tepat untuk dipertahankan sebagai ajang kreativitas. Pihaknya menyambut baik kehadiran lomba ini dan menjadi pertimbangan kami untuk referensi kualifikasi seorang seatmaker.

“Dalam hal pemasangan jok sangat perlu memperhatikan waktu pemasangan, kecepatan, dan ketelitian, terlebih adalah pemilihan bahan yang terstandar,” jelas Oscar menambahkan.

Bahan yang dipakai lomba kali ini sudah direkomendasikan sebagai bahan yang memiliki sertifikasi dan menjadi standar IATS untuk digunakan. Total sendiri merupakan produk bahan yang telah memiliki standar dan menjadi produk resmi IATS.

Selain bahannya lebih tebal dari sintetik biasa, Total juga memiliki rekor MURI yang pertama kali memberikan garansi 5 tahun. Kehadiran sintetik baru Total tetap mengedepankan kualitas dan memberikan kenyamanan bagi konsumen dengan kelebihan bahan yang tebal namun lentur.

Seatmaker AN Maestro yang mendapatkan 930,75 poin berhasil menjadi pemenang tahun ini. Ia mengungguli Imam Jok yang meraih 911,50 poin di urutan kedua dan Masterpiece dengan 903,10 poin di urutan ketiga. (*)

Reporter/Foto: Koes Biantoro-Kastara.ID
Editor: Dwi