Andhika

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) menghubungkan para warga yang memiliki kemampuan dengan yang membutuhkan bantuan untuk saling berbagi di Bulan Ramadan. Sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun lalu, yakni 24 April 2020, KSBB Pangan terus berlangsung hingga Ramadan tahun 2021. Berbagai bentuk bantuan mulai dari sembako, makanan siap saji, paket lebaran, hingga paket THR dikumpulkan untuk ditujukan kepada warga-warga yang rentan secara ekonomi di tingkat RW, panti, maupun pesantren.

Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata menyampaikan antusiasme para kolaborator untuk membantu sesama di bulan Ramadan, serta kondisi masyarakat yang masih membutuhkan bantuan di tengah pandemi COVID-19 inilah yang membuat program KSBB masih berjalan dan akan diteruskan hingga setelah hari raya Idulfitri 1442 Hijriah.

“KSBB dibentuk berdasarkan keyakinan bahwa masyarakat Jakarta memiliki semangat kesetiakawanan dan kebersamaan yang sangat kuat, meski sedang dalam masa pembatasan akibat pandemi COVID-19. Rasa kebersamaan ini semakin menguat di bulan Ramadan yang merupakan momentum untuk berbagi dengan sesama,” ujar Andhika, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Andhika berharap, platform KSBB mampu mengintegrasikan niat-niat baik warga DKI Jakarta dan mampu menjadi model kolaborasi yang bahkan bisa diaplikasikan di bulan-bulan selanjutnya, terlebih di masa pandemi ini. “Dengan bantu sesama, kita bersama-sama berupaya untuk melewati pandemi COVID-19 dengan rasa persaudaraan yang semakin kuat,” lanjut Andhika.

Terhitung hingga 5 April 2021, Pokja KSBB telah mengumpulkan komitmen dari para donatur sebanyak 460.032 Paket Sembako, 174.948 Paket Makan Siap Saji, 33.687 Paket Lebaran, dan 2.344 paket THR. Pokja KSBB juga telah menerima komitmen bantuan dari berbagai kalangan baik dari instansi pemerintah, dunia usaha, lembaga sosial, asosiasi-asosiasi maupun kelompok relawan serta perorangan. Hingga saat ini terdapat 112 donatur yang merupakan perusahaan/kelompok, dan 12 donatur perseorangan.

Untuk memberikan bantuan KSBB, masyarakat dapat berkoordinasi dengan sembilan agregator resmi Pemprov DKI Jakarta, yaitu ACT, PMI DKI Jakarta, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, Human Initiative, BAZNAS BAZIS DKI Jakarta, LAZ NU, LAZ MU, dan Soliditas. Masyarakat juga dapat langsung menyalurkan bantuannya melalui platform corona.jakarta.go.id/id/kolaborasi.

Selain KSBB Pangan, selama bulan Ramadan ada pula penyiapan dan pendistribusian paket nasi bungkus/kotak kepada warga yang membutuhkan untuk berbuka puasa. Paket untuk buka puasa tersebut tersebar di enam wilayah Kota/Kabupaten Administrasi. Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat karena paket nasi bungkus dibeli dari warung kecil di wilayah setempat. (hop)