Kurban

Kastara.ID, Depok – Bertempat di aula kantor Kecamatan Pancoran Mas Jalan Kartini Raya Kota Depok, berlangsung pelatihan penyembelihan kurban serta menyuluhan penyakit mulut dan kuku bagi hewan kurban untuk 60 orang petugas dari Kelurahan Mampang (29/6).

Camat Pancoran Mas Saiful Hidayat dalam pengarahannya mengatakan, bagi petugas yang menjalani penyembelihan kurban diwajibkan selalu menjaga kesehatan baik itu diri sendiri maupun hewan yang akan dikurban untuk menghindari dampaknya kepada diri sendiri maupun orang lain. Tidak lupa tanya dokter hewannya jika menemui hewan yang terkena penyakit.

Saiful juga menyarankan kepada mereka yang mengikuti pelatihan agar selalu mencatat apa-apa yang diberikan materinya. Kalau kurang dimengerti, tanya langsung kepada dokter hewannya. Satu lagi pesannya yang perlu diingat, jika meyembelih hewan kurban jangan lupa membaca Basmalah dan Dzikir biar dagingnya halal.

Saiful menambahkan, untuk menghindari terjangkitnya wabah ini dan memperkecil penyakit hewan, Kota Depok memberikan penyuluhan bagi petugas pemotongan hewan. “Semoga penyuluhan ini bermanfaat bagi petugas pemotongan hewan kurban,” katanya.

Nantinya setiap kelurahan bergilir akan diadakan pelatihan dan penyuluhan bagi petugas penyembelihan hewan kurban yang ada di Kecamatan Pancoran Mas. (*)