Pintu Air Manggarai

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 1.000 meter kubik sampah berhasil diangkut dari Pintu Air Manggarai, Jalan Tambak, Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat (29/10). Sampah ini didominasi kayu dan sampah rumah tangga.

Kepala Satuan Pelaksana UPK Badan Air Jakarta Pusat, Fakhri Andhiko menuturkan, sampah di Pintu Air Manggarai meningkat drastis sejak pukul 00.30. Sampah-sampah tersebut terbawa dari Kali Ciliwung.

“Memang kemarin di wilayah Jakarta diguyur hujan terus-menerus hingga sore hari. Jadi kita sudah antisipasi jika sampah yang datang akan banyak dan setelah mendapatkan info dari Pintu Air Depok seluruh petugas di sini kita kerahkan untuk berjaga-jaga,” ujar Fakhri.

Menurutnya, sejak subuh tadi pihaknya langsung mengangkut sampah-sampah tersebut dengan mengerahkan tiga alat berat yakni dua ekskavator long arm dan satu ekskavator liebheer serta tujuh mobil armada pengangkut sampah terdiri dari, 42 truk besar, delapan truk kecil dan delapan truk tronton.

“Sampah berhasil diangkut dan selesai sejak pukul 12.00 tadi. Total sebanyak 1.000 meter kubik sampah diangkut dari Pintu Air Manggarai. Jenis sampah yang terbawa arus kali ini didominasi kayu, bambu, batang pohon besar, dan sampah rumah tangga,” tandasnya. (hop)