Berdasarkan surat Dinas Kesehatan DKI Jakarta Nomor 27756/PU.13.02 tanggal 21 Desember 2023, keberangkatan calon haji nantinya akan dijadwalkan pada Mei-Juni 2024 mendatang.

“Layanan kesehatan calon haji di RSUD Tamansari bakal dimulai pada 4 Januari 2024 mendatang,” kata Ngabila, Jumat (29/12).

Ia menjelaskan, nantinya layanan ini akan dibuka setiap Senin dan Kamis mulai pukul 09.00-13.00. Adapun fasilitas kesehatan yang dilakukan secara berbayar antara lain medical check up seharga Rp 725 ribu dan Vaksinasi Influenza sebesar Rp 205 ribu.

“Sementara, vaksinasi COVID-19 gratis, bisa dilakukan di RSUD Tamansari dan vaksinasi meningitis gratis di puskesmas,” jelasnya.

Ngabila menjelaskan bagi calon haji yang ingin segera meriksakan kesehatan bisa mendaftar terlebih dengan menghubungi call center di 085892481576.

Kemudian, membayar biaya layanan untuk mendapatkan jadwal berikut persiapan pemeriksaan. Pasien JCH ini dianjurkan untuk membawa surat rujukan dari puskesmas untuk menerima pemeriksaan kesehatan ini.

“Kami siap melayani pemeriksaan kesehatan bagi calon haji sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan RI,” tambahnya.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan ini merupakan hal yang mendebarkan bagi calon haji. Sebab, aabila hasil kesehatan kurang sehat, jemaah terancam batal berangkat haji.

Calon haji mulai menjaga kesehatan sejak dini dan mengikuti pemeriksaan kesehatan ini. Karena nantinya mampu membuat daya tahan tubuh kuat menjalankan ibadah haji di tanah suci hingga kembali ke tanah air.

Insya Allah, fasilitas kesehatan ini dapat mewujudkan haji yang sehat, berkah, dan mabrur,” tandasnya. (hop)