Kastara.id, Jakarta –  Saat ini Jalur Puncak Pass-Cianjur sudah bisa dilalui kendaraan secara bergantian, menyusul kembali terjadi longsor di kawasan Puncak Pas, Rabu (28/3) malam. Hal itu diungkapkan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto saat meninjau lokasi, Jumat (30/3).

“Kita akan coba hari ini untuk dapat dilalui kendaraan dengan sistem satu arah bergantian. Berdasarkan kajian bersama Kementrian PUPR perbaikan akan selesai sebelum hari raya beberapa bulan kedepan,” ujar Kapolda Jabar.

Kapolda menjelaskan, saat ini jalur tersebut baru bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat berpenumpang. Sedangkan kendaraan berat seperti truk dan bus belum dapat melintas sampai perbaikan jalan tuntas.

Hingga kini, jelas Kapolda, proses perbaikan tebing yang kembali longsor masih dilanjutkan dan rencananya dinas pekerjaan umum akan memapas lereng bagian kiri jalan agar landasan jalan lebih kuat. “Perbaikan kembali tebing yang nyaris membuat jalan ambrol dapat diperbaiki tanpa beban di atasnya,” terang Agung Budi Maryoto.

Ditambahkannya, mulai hari ini jalur Puncak akan dibuka kembali dengan sistem buka tutup satu arah di lokasi bencana. Jalur tersebut tetap dapat dilalui kendaraan dari kedua arah secara bergantian.

“Akan kita kordinasikan agar secepatnya dibuka kembali jalur tersebut karena selama ini Jalur Puncak-Cianjur merupakan jalur favorit wisatawan untuk menghabiskan libur panjang,” tambahnya.

Sementara Suyono dari Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional VI Jakarta mengatakan, berdasarkan hasil kajian dan masukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), perbaikan jalan dilakukan dengan pengecoran beton ringan.

“Agar alam tidak terbebani akan dilakukan pengecoran dengan beton ringan serta dilakukan pemaprasan tebing sebelah kiri jalan yang longsor untuk dibangun landasan jalan baru. Sehingga tebing yang sedang diperbaiki tidak kembali longsor,” tandasnya. (gus)