PKS

Kastara.ID, Jakarta – Unit Pelaksana Teknis Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman (UPT P2BPT) Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta (29/3), menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Kepala UPT P2BPT DKI Jakarta Ali Nurdin mengatakan, penandatanganan PKS dilakukan secara virtual melalui zoom meeting. PKS ini meliputi pendidikan, penelitian, pelatihan, pengembangan teknologi perbenihan dan proteksi tanaman serta pelayanan kepada masyarakat.

“Kerja sama ini dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia, baik di lingkungan pemerintahan maupun masyarakat serta perguruan tinggi,” ujar Nurdin.

Dijelaskan Nurdin, UPT P2BPT Provinsi DKI Jakarta sesuai tupoksinya fokus pada produksi dan pengembangan benih bersertifikat serta pelayanan kepada masyarakat secara gratis. Baik itu bibit tanaman buah-buahan, sayuran, dan Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

“Ditandatanganinya PKS ini adalah bentuk komitmen dari UPT P2BPT dalam rangka menghasilkan produk benih unggul dan bermutu hasil inovasi dari peneliti,” ujarnya.

Diharapkan, dari penandatanganan kerja sama ini nantinya akan memberikan keuntungan dan manfaat bagi kedua belah pihak juga masyarakat.

Selain dengan UGM, pada hari yang sama UPT P2BPT juga melaksanakan penandatangan PKS Fakultas Biologi Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Jakarta.

“Untuk PKS dengan UAI lebih dikedepankan pada penelitian, magang dan PKL dari mahasiswa UAI di laboratorium kultur jaringan anggrek dan pisang, hidroponik dan teknik pembibitan tanaman lainnya,” tandasnya. (hop)