Depok

Kastara.ID, Depok – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menekankan pentingnya para pemuda untuk memahami konsep negara. Salah satunya, yang terdapat dalam lagu kebangsaan Indonesia Raya, yakni tanah air.

Menurutnya, tanah air adalah istilah yang digunakan bangsa ini untuk menyebut seluruh bumi Indonesia, terdiri dari darat dan lautan. Istilah ini didasarkan pada konsep wawasan nusantara yang terbentuk dari kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.

“Dengan memahami konsep tanah air, maka ke depan kita semua akan menjaga bumi Indonesia, baik di darat ataupun laut,” tutur Imam saat Peningkatan Kreativitas Pemuda di Hotel Bumi Katulampa Convention Resort, Kota Bogor, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok (29/3).

Dia menjelaskan, wilayah Indonesia didominasi oleh wilayah perairan, khususnya laut. Maka, seharusnya laut menjadi salah satu konsep pembangunan negara yang lebih dioptimalkan.

“Sumber daya alam laut kita luar bisa. Dari mulai pariwisata, perikanan, mutiara hingga lepas pantainya memiliki minyak yang sangat banyak. Hal ini membuat banyak negara yang memanfaatkan sumber daya alam tersebut,” paparnya.

Hal itu, lanjut Imam, karena masyarakat Indonesia masih banyak yang kurang memahami konsep tanah air. Ini juga menjadi penyebab sungai banyak sampah dan pemanfaatan situ secara liar.

“Kita harus lengkap dan paripurna dalam memahami konsep taham air, sehingga bisa menjaga tanah dan air kita,” tegasnya.

Dalam hal ini, dirinya menyampaikan ini kepada pemuda karena ke depan yang menjadi pemimpin Indonesia ialah generasi muda saat ini. Dengan begitu, tanah air ini harus menjadi konsep pembangunan yang diingat oleh semua. Agar menjadi konsep dalam membuat kebijakan-kebijakan ke depan.

“Seperti di Kota Depok, situ-situ yang ada menjadi perhatian khusus Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Itu dilakukan agar dapat dimanfaatkan oleh warga menjadi tempat wisata, penampungan air dan menjadi sumber air baku yang berkualitas baik,” tutupnya. (dha)