Kampung Tua Jakarta

Kastara.id, Jakarta – Membincangkan masa lalu sangat menyenangkan. Apalagi jika berkaitan dengan eksistensi sebuah kota tua yang bernama Jakarta atau Betawi dengan seabreg kisahnya. Pasti asyik mengulas masa lalu kota yang dulu sangat indah ini.

Nah, pada Minggu, 1 Juli 2018, pukul 13.30–15.00 WIB di Pasar Seni Ancol, akan digelar Talkshow Sejarah Kampung Tua Jakarta.

Pembicara yang dihadirkan adalah Arkeolog Universitas Indonesia dan Tim Ahli Cagar Budaya DKI Jakarta, Candrian Attahiyyat. Acara ini menarik untuk disimak, apalagi bagi yang ingin tahu lebih jelas tentang Wall of Frame Betawi yang menampilkan asal-usul kampung di Betawi.

Sejatinya sejarah kampung tua di Jakarta amat berkaitan dengan pameran Wall of Frame Betawi yang berusaha memberi informasi. Tidak didasarkan pada alkisah, konon, atau  syahdan, tetapi bersumber pada informasi peta-peta lama Batavia/Jakarta yang terbit dari tahun 1740 hingga 2015. Ada delapan peta yang dijadikan sebagai narasi toponimi, sekaligus dijadikan sebagai rujukan waktu keberadaan suatu kampung.

Dalam gelaran edukasi ini, penulisan nama dan ejaan kampung disuguhkan berdasarkan tulisan asli yang tertera pada peta-peta lama untuk memberi nuansa masa lalu. Pameran toponimi ini bukan bermaksud menyuguhkan versi baru dari sebuah nama kampung, tetapi memberi data baru bagi yang ingin mengetahui asal-usul kampung kita, kampung Betawi.

“Hadirnya rangkaian kegiatan yang bervariasi dan memiliki nilai edukasi ini makin membuat konten Kampung Budaya Betawi berbobot dan layak untuk untuk dikunjungi. Terlebih untuk menikmati sajian ini pengunjung tidak dipungut biaya tambahan. Jadi sayang kan jika dilewatkan,” ujar Sunarto, General Manager Taman Impian Jaya Ancol. (hero)