Kastara.ID, Depok – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Depok melaksanakan pemeriksaan burung peliharaan guna memastikan bahwa burung peliharaannya tidak terkena penyakit.

Salah satunya burung pos peliharaan seorang warga Bedahan, Depok, Firman Wibowo yang akan diberangkatkan ke Lampung mengikuti lomba. Guna mendapatkan surat keterangan bahwa burung yang akan dilombakan sehat, makanya DKP3 langsung memeriksa kesehatan burung oleh dokter hewannya dengan mendatangi rumahnya, Rabu (30/6).

Komunitas Burung Pos Depok KAHIJI menggelar Depok Fun Race 2021, yang nantinya akan dilepas di daerah Lampung. Pesertanya kebanyakan dari warga Depok dan untuk pertama kalinya diselenggarakan.

Merpati pos merupakan burung dengan kemampuan luar biasa. Ia dapat menemukan jalan pulang sekalipun dilepas dari lokasi yang jauh dengan kondisi mata tertutup. Hal ini dikarenakan ia memiliki kemampuan navigasi melalui medan magnet bumi, posisi matahari, suara, atau bau sebagai pembimbing arah tujuannya.

Firman mengatakan, sangat berterima kasih kepada petugas DKP3 Depok yang telah tanggap memeriksa kesehatan burung posnya oleh petugas yang menanganinya, yaitu dokter hewan Wijaksono Putera ditemani James Efendi dari DKP3 Depok. Hewan tersebut dinyatakan sehat setelah diperiksa.

“Untuk hewan pada prinsipnya sehat tidak ada masalah dari segi penyakit, karena kalau ada penyakit pasti ada tanda-tandanya di tubuh hewan,” ucap Putera.

Putera menambahkan, setelah dicek dari makanan sampai minumnya tidak ada yang berpengaruh kepada hewannya. Ketika diperiksa suhu badannya normal tidak berpengaruh. (*)