Pasar Kreatif

Kastara.id, Jakarta – Kementerian Perdagangan terus mendukung upaya pengembangan produk kreatif Indonesia dalam mendorong peningkatan ekspor melalui program-program yang dapat menggerakkan industri dan bisnis.

Bekerja sama dengan Plaza Indonesia, Kemendag menggelar program Pasar Kreasi Indonesia yang diikuti oleh 31 perusahaan terseleksi dan berlangsung 21 Agustus hingga 24 September 2017 di Plaza Indonesia, Jakarta. “Kehadiran Pasar Kreasi Indonesia bertujuan memberikan ruang bagi para pelaku usaha kreatif untuk mengembangkan serta mempromosikan produk bernilai tambah di pusat perbelanjaan,” ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat membuka acara, di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (30/8).

Selain dibina dan diberikan pemahaman tentang pasar, menurut Mendag, produk kreatif Indonesia juga perlu diberikan kesempatan untuk meraih akses pasar dan berpromosi. “Ini akan mendorong pelaku usaha kreatif Indonesia mengembangkan bisnisnya agar terus berupaya berkreasi, membaca, serta menciptakan tren desain dan berkarya,” kata Mendag.

Pasar Kreasi Indonesia, lanjut Mendag, menghadirkan ragam kategori produk untuk mengarahkan pelaku usaha agar siap masuk dalam strategi bisnis yang berorientasi kepada kegiatan ekspor. Para pelaku usaha yang terseleksi ini merupakan representasi dari beragam produk kreatif bernilai tambah Indonesia, mulai dari kain tradisional khas Indonesia, fesyen, hingga dekorasi rumah dan mebel. Hasil karyanya dapat ditemui di lantai 3 dan 4 Plaza Indonesia.

“Produk yang terseleksi dibuat oleh tangan kreatif Indonesia yang dengan cerdasnya memadukan material alam Indonesia, seperti kayu, rotan, dan bambu dengan tak lupa menonjolkan kekayaan budaya Indonesia. Kecerdasan tangan kreatif Indonesia yang menghasilkan penghargaan internasional,” ujar Mendag.

Mendag juga menyampaikan apresiasi secara khusus kepada Plaza Indonesia Foundation yang telah membantu memfasilitasi promosi produk kreatif Indonesia agar ke depannya dapat tumbuh berdaya saing.

“Diharapkan ke depannya melalui kegiatan ini dapat meningkatkan nilai jual produk kreatif Indonesia di mata pembeli dan juga memperluas jejaring pemasaran usahanya,” kata Mendag.

Sementara itu, Strategic & Corporate Affairs Director PT Plaza Indonesia Realty Tbk. Arnes Lukman menyampaikan komitmennya dalam mendukung program pemerintah, terutama pada sektor perdagangan.

“Plaza Indonesia mendukung program Pemerintah di sektor perdagangan dengan memberikan ruang bagi pelaku usaha untuk meningkatkan akses pasar ritel dan memamerkan diversifikasi produk yang siap bersaing tidak hanya di skala nasional, namun juga internasional. Ini merupakan inisiatif Plaza Indonesia untuk memberikan product experience dan akses kepada pelaku  usaha agar siap masuk ke industri ritel yang sesungguhnya,” ujar Arnes.

Pasar Kreasi Indonesia hadir dengan konsep pop-up store modern yang terintegrasi dengan kualitas, keunikan, dan segmentasi pasar.

“Kehadiran pelaku usaha dan merek lokal di pusat perbelanjaan premium ibukota ini menjadi bukti bahwa produk Indonesia memiliki diferensiasi dan keistimewaan sebagai tuan rumah di negeri sendiri yang tak kalah bersaing dengan merek internasional,” kata Arnes.

Menurut Arnes, sebagai pusat perbelanjaan dan gaya hidup terdepan, Plaza Indonesia terus memperkuat posisi sebagai one-stop-destination dengan menghadirkan berbagai program yang diperuntukan bagi konsumen maupun pelaku usaha dan industri di negeri ini.

“Dengan Pasar Kreasi Indonesia diharapkan dapat memperkaya berbagai inisiatif dan upaya pihak-pihak ritel Indonesia yang selalu siap untuk bekerja sama dengan penghasil produk-produk dalam negeri agar mampu memenuhi kebutuhan konsumen gaya hidup urban saat ini. Salah satunya, melalui sinergi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan daya saing pelaku industri ritel lokal guna memenuhi permintaan pasar yang semakin beragam,” ujar Arnes. (mar)