Depok

Kastara.ID, Depok – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menyampaikan sejumlah bekal yang harus dipersiapkan oleh generasi muda atau milenial untuk menghadapi masa depan. Pertama adalah hubungan kepada Allah SWT.

“Karena di situlah yang akan menjadi benteng bagi generasi yang akan datang terhadap permasalahan-permasalahan yang muncul akibat globalisasi. Ketika iman kita kuat, insya Allah tidak perlu dijaga oleh bapak ibunya, tidak perlu dijaga oleh pemerintah, tidak perlu dijaga oleh lingkungannya, imannya menjadi benteng bagi hal-hal yang merusak akibat dari globalisasi,” ujarnya saat menjadi narasumber sarasehan bertema ‘Indahnya Kebersamaan dalam Islam’ di Aula Gedung Dakwah MUI Kota Depok (30/8).

Kedua, imbuhnya, yaitu hubungan sesama manusia. Tidak hanya hubungan baik antar sesama manusia, tetapi juga hubungan baik dengan sesama yang berasal dari agama lain.

“Untuk itu di Indonesia diberi kesempatan enam agama yang dilindungi oleh negara kita. Yaitu Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu,” jelasnya.

Selain bekal, ia menyampaikan terdapat ancaman yang dihadapi oleh generasi milenial. Seperti budaya luar, liberal, LGBT, narkoba, ekstrem kiri (komunisme), ekstrem kanan (radikalisme), dan pertahanan keamanan dunia.

Peran pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan tersebut di antaranya membuat peraturan hukum yang melindungi warga. Seperti Undang-undang (UU), Peraturan Pemerintah (PP), hingga Peraturan Daerah (Perda).

“Kemudian program kegiatan, hingga lembaga penyerta pentahelix, baik itu pemerintah, akademisi, pebisnis, media, dan melalui komunitas dalam hal ini masyarakat,” tandasnya. (*)