Direktur RSUD Taman Sari, Agus Ariyanto Haryono mengatakan, skrining pra operasi katarak dilakukan dalam rangka penyelenggaraan operasi katarak gratis bagi masyarakat yang akan diadakan di RSUD Taman sari, Sabtu (3/2) mendatang. Kegiatan ini hasil kerja sama Yayasan Wakaf Salman ITB, RSUD Taman Sari, dan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) DKI Jakarta.

“Skrining pra operasi katarak di antaranya melakukan pengecekan gula darah, tensi darah, pemeriksaan mata dan lain-lain,” ujar Agus Ariyanto.

Development Manager Wakaf Salman ITB, Ryan Faisal, mengapresiasi sinergisitas rencana operasi katarak gratis di RSUD Taman Sari.

“Untuk kegiatan operasi katarak gratis akan menyasar 40 peserta. Sasarannya tidak hanya dari warga tidak mampu yang tidak memiliki BPJS kesehatan, melainkan juga bagi para guru ngaji, santri, dan keluarganya,” jelas Ryan.

Samuel Hebron (60), warga RT 03/08, Kelurahan Kebon Bawang, Kecamatan Tanjung Priok yang mengikuti skrining pra operasi katarak mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Penglihatan saya sudah berkurang sejak tahun 2000. Semoga dengan mengikuti operasi katarak gratis ini nantinya penglihatan saya jadi semakin membaik,” tandasnya. (hop)