Depok

Kastara.ID, Depok – 50 anak muda mengikuti kegiatan Peningkatan Kreativitas Pemuda yang digelar Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok di Bumi Katulampa Convention Resort, Kota Bogor,i 29-31 Maret 2022. Pembekalan tersebut dilakukan guna menumbuhkan kreativitas dan kepeloporan kalangan pemuda.

Kepala Disporyata Depok Dadan Rustandi mengatakan, sebanyak 50 pemuda itu berasal dari sejumlah unsur kepemudaan di Kota Depok. Antara lain organisasi kepemudaan, komunitas-komunitas, konten kreator, dan pemuda pelopor.

“Pemuda yang kami undang di sini merupakan pemuda-pemuda yang sudah memiliki karya atau wirausaha yang sudah diakui oleh masyarakat dan tentu juga oleh pemerintah,” tuturnya saat ditemui di sela acara, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok (29/3).

Dadan menjelaskan, untuk pemuda pelopor sendiri terdiri dari lima sektor strategis, yaitu kewirausahaan, pendidikan, lingkungan, seni budaya periwisata dan sanis teknologi. Mereka semua sudah memiliki karya atau usaha di bidangnya masing-masing.

“Misal di kewirausahaan ada yang sudah melakukan usaha tani anggur, budidaya lobster dan lain sebagainya. Kemudian di bidang pendidikan yaitu mereka yang sudah membuat buku-buku, lalu di bidang lingkungan yaitu pemuda yang beraktivitas dan berperan aktif menjaga lingkungan,” terangnya.

Lanjut Dadan, dalam pelatihan ini terdapat enam materi yang diberikan oleh pemateri dari praktisi, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpraf). Di antaranya Digital Marketing dan Search Engine Optimization (SEO), Mewujudkan kemandirian pemuda melalui kepeloporan pemuda dan Kebijakan ekraf sebagai garda terdepan dalam pemulihan ekonomi.

Dadan berharap, dengan materi yang diberikan pada pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat mengembangkan karya dan usahanya. Baik dari segi kualitas hingga pemasaran.

“Seperti cara untuk berada di urutan teratas pada mesin pencari google dan lain sebagainya. Semuanya tentu agar tumbuh kreativitas dan kepeloporan di kalangan pemuda, sehingga visi Kota Depok yang maju, berbudaya dan sejahtera dapat tercapai,” pungkasnya. (dha)