Kastara.id,Depok  – Kelurahan Pancoran Mas (Panmas) Kota Depok M-Soleh memfasilitasi Rapat Pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP), yang digelar Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Panmas, di Aula Kantor Kelurahan, Jumat (31/3).

Soleh,  menyampaikan apresiasinya kepada 174 petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dari 174 Tempat Pemungutan Suara (TPS), lantaran telah maksimal melaksanakan tugasnya hingga selesai 100 persen.

“Terima kasih kepada petugas pantarlih sudah laksanakan tugas, bekerja maksimal dan sudah melaporkan hasil pekerjaannya kepada PPS, lalu PPS menyerahkan kepada PPK, kemudian ke KPU, dengan hasil 100 persen,” ujarnya, usai membuka Rapat Pleno Rekapitulasi DPHP.

Soleh sebagai Lurah hanya bisa memfasilitasi kerja-kerja yang PPS lakukan. “Yang di dalamnya juga ada sekretariat mewakili PNS duduk di PPS, yang bersama-sama bekerja untuk sukseskan Pemilu 2024 di Kelurahan Panmas,” paparnya.

Ada sejumlah perwakilan partai politik, hadir mengikuti kegiatan rapat plemo terbuka terkait rekapitulasi pemutakhiran data pemilih, yang di cocokkan itu.

Dan nantinya melalui tahapan Daftar Pemilih Sementara (DPS), kemudian menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Soleh juga memaparkan, dari laporan PPS Kel. Panmas diketahui jumlah penduduk Panmas berdasarkan Sumber data Disdukcapil Kota Depok Tahun 2021 Semester 1 adalah sebanyak 61.476.

 Jumlah data awal pemilih sebelum pencocokan dan penelitian (coklit) sebanyak 46.560.

Namun, setelah petugas Pantarlih melakukan pemutakhiran atau coklit, berkurang 287 menjadi 46.273.

Untuk keterangan  Pemilih Baru sebanyak 1.419, Perbaikan data pemilih sebanyak 819 dan Tidak memenuhi syarat sebanyak 1.706.

“Tidak memenuhi syarat itu artinya pemilih yang namanya dicoret dari daftar pemilih, karena meninggal, NIK ganda, dibawah umur, TNI, POLRI dan salah penempatan TPS,”tutupnya.