Kastara.ID, Termas de Rio HondoTim Repsol Honda telah mengonfirmasi bahwa mereka hanya akan turun dengan satu pembalap untuk MotoGP Argentina akhir pekan ini.

Hal itu disebabkan pembalapnya, Marc Marquez, absen setelah kecelakaan di Portimao. Sang tandem, Joan Mir, terpaksa tampil sendirian di Termas.

Namun menjadi kabar baik bagi pembalap satelit LCR Honda Castrol, Alex Rins. Rins berkesempatan menjajal motor Honda RC213V Marquez, tapi bukan unit utuh, melainkan sasis saja.

Paket motor pabrikan dan satelit memang berbeda, dan ini menjadi kesempatan yang baik bagi Rins untuk menguji material tim pabrikan.

“Karena Marc tidak ada di sini (Argentina), saya bisa mencoba sasisnya,” ujar Rins yang dilansir Speedweek.com.

“Kami tidak punya banyak waktu untuk mengujinya dan ramalan cuaca tidak terlihat bagus. Rencananya menyiapkan satu motor seperti di Portimao dan satu lagi dengan sasis baru. Kemudian saya akan bergantian dari satu motor ke motor lainnya untuk merasakan perbedaannya. Karena Jumat adalah satu-satunya hari untuk langsung ke Q2, itu akan sangat menegangkan,” papar Rins menerangkan bagaimana strateginya menghadapi akhir pekan di Termas.

Tahun lalu Rins sangat kompetitif dengan Suzuki, peralihan Honda memang tidak mulus dan menemui jalan terjal.

“Kami tidak mendapat traksi yang cukup saat keluar dari tikungan untuk membawa kecepatan bersama kami ke trek lurus. Akibatnya, kami terlalu lambat di trek lurus dan harus menebus waktu di tikungan dan mengambil risiko lebih banyak di sana,” imbuh Rins menyebut masalah ini di balapan pembuka di Portugal.

Tapi Rins sangat percaya diri dengan seri kedua ini. “Saya menantikan akhir pekan karena Honda selalu cukup bagus di sini di masa lalu. Saya juga punya beberapa kesuksesan besar di sini. Tapi tentu saja situasinya berbeda setiap tahun, itulah mengapa kami harus tetap tenang,” jelasnya.

Rins finis ke-13 dalam balapan debutnya di MotoGP Portugal 2023 (balapan hari Ahad, bukan Sprint) bersama Honda dengan jarak +11.288 detik dari pemenang. (tra)