Kastara.ID, Pontianak – Kodam XII/Tanjungpura kembali membantu Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam pendistribusian bantuan beras ke daerah sulit dijangkau ke wilayah Sungkung, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang, yang terdampak Covid-19 dengan menggunakan helikopter.

Hal tersebut disampaikan Kapendam XII/Tanjungpura Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe dalam keterangan tertulisnya di Pontianak, Kalimantan Barat (30/5).

Dijelaskan Aulia, beras bantuan diangkut oleh helly Bell 412 yang diawaki oleh Kapten Cpn Fadli Akbar Sirait dan Letda Cpn (K) Alberta Injilia beserta kru lainnya dari Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Bru, selanjutnya mendarat di Lapangan Dusun Senoleng, Desa Sungkung 3.

“Hari ini sebanyak lima sortie helly mengangkut beras bantuan. Setiap sortie helly mampu mengangkut sebanyak 500 Kg beras. Jadi totalnya sudah 2,5 Ton,” kata Kapendam.

Aulia Fahmi mengatakan, ada yang menarik saat helly yang mengangkut bantuan mendarat di Lapangan Senoleng. Masyarakat menyambutnya dengan upacara adat.

“Ritual adat ini sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat, selain itu juga untuk memohon keselamatan agar selama dalam kegiatan distribusi bantuan berjalan lancar,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan, usai ritual adat, Babinsa Koramil 1202-09/Jagoi Babang bersama dengan aparat desa serta masyarakat bergotong royong menurunkan beras bantuan dari helly untuk disimpan sementara sebelum didistribusikan kepada masyarakat.

Beras bantuan tersebut rencananya akan didistribusikan kepada masyarakat tiga desa di wilayah Sungkung yaitu Desa Sungkung 1, Desa Sungkung 2 dan Desa Sungkung 3 yang saat ini terdapat 541 Kepala Keluarga terdampak Covid-19 yang belum menerima beras bantuan dari Pemprov Kalbar.

“Kita berdoa semoga tidak terjadi kendala dalam distribusi beras bantuan ini, sehingga masyarakat yang belum mendapat bantuan segera menerima,” pungkas Aulia. (wepe)