Kastara.ID, Jeddah – Menteri Agama yang juga Amirul Hajj 1440H Lukman Hakim Saifuddin bersama delegasi mendarat di King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah. Sejumlah agenda sudah menanti selama penyelenggaraan haji tahun ini

“Kami, Amirul Hajj sore ini akan menuju wisma di Jeddah. Ba’da Isya, kami bergerak menuju Madinah. Dari Madinah, baru ke Makkah,” kata Menag usai memantau layanan transportasi bus dan katering dan menyapa jemaah kloter 32 Embarkasi Makassar (UPG 32) di Jeddah (30/7).

Menag dijadwalkan akan tiba di Makkah pada 1 Agutus 2019 dan langsung memimpin rapat kerja bersama Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Konsolidasi Amirul Hajj dengan seluruh petugas dalam rangka persiapan menyambut puncak haji akan digelar pada 5 Agustus 2019.

“Ada beberapa pertemuan juga yang akan dihelat. Antara lain dengan muassasah, pejabat terkait, juga sedang berupaya bertemu Gubernur Makkah,” tutur Menag.

Delegasi Amirul Hajj dijadwalkan akan bertugas di Tanah Suci hingga 18 Agustus 2019. Jemaah haji Indonesia saat ini sudah berada di Makkah. Seluruh jemaah haji gelombang pertama sudah didorong dari Madinah ke Kota Kelahiran Nabi. Proses pemberangkatan jemaah haji gelombang kedua dari Tanah Air ke Jeddah lalu Makkah masih akan berlangsung hingga 5 Agustus mendatang. (put)