Kastara.id, Jakarta – Ketua MPR Zulkifli Hasan mengajak semua pihak untuk sejenak menundukkan kepala, sambil merenungkan kembali capaian bangsa Indonesia terhadap pembangunan keserasian dan keseimbangan.

“Masyarakat Indonesia mayoritas beragama Islam. Meski begitu, bisa hidup harmonis dalam demokrasi nan indah,” kata Zulkifli Hasan di Jakarta (30/8).

Demokrasi dan Islam di Indonesia lanjutnya, adalah wujud harmoni yang saling memberikan warna, tidak ada pertentangan di antaranya. Karena itu, pembangunan keserasian dan keseimbangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus tetap dilakukan.

“Saya mengajak semua pihak untuk mengingat sekaligus merenungkan tujuan awal dari berbangsa dan bernegara. Hanya dengan begitu bangsa ini bisa berjalan sesuai amanah yang dititipkan rakyat,” ujar Zulkifli Hasan.

Dalam konteks itulah, kata Zulkifli, kegiatan MPR berzikir memiliki makna penting untuk menggugah kesadaran semua pihak bahwa pada hakikatnya setiap warga negara memikul amanah dan tanggung jawab besar untuk bangsa.

Zulkifli menambahkan, merenungkan tujuan awal dari berbangsa dan bernegara, penting agar bisa menjalankan amanah yang dititipkan rakyat dengan sebaik-baiknya. (rya)