Beranda Headline Berita Anies Tekankan Pendidikan Pramuka di Perkotaan

Anies Tekankan Pendidikan Pramuka di Perkotaan

Kastara.ID, Jakarta – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur upacara dalam Apel Besar Hari Pramuka ke-58 di Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8). Apel tahun ini mengusung tema “Pramuka Jakarta Kader Pemimpin Bangsa”.

Dalam sambutannya, Gubernur Anies menekankan perlunya Pramuka di Jakarta mengembangkan Urban Scouting.

Menurut Gubernur Anies, Gerakan Pramuka di Jakarta memiliki kekhususan tersendiri karena para anggotanya yang tumbuh dalam ekosistem perkotaan, sehingga pelatihan dan pendidikannya harus disesuaikan agar menarik para anak terlibat dalam gerakan pramuka.

“Kita menyadari pramuka Jakarta terbiasa hidup di kota megapolitan, sehingga proses pembelajaran lebih mengacu pada kebutuhan anak megapolitan, Urban scouting menjadi penting, karena dibarengi perubahan yang dinamis agar selalu relevan dan menarik dan mengundang partisipasi anak,” terangnya, seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Gubernur Anies menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta akan terus memfasilitasi dan mendukung gerakan pramuka agar tumbuh di Ibu Kota dengan beragam modernitas dan tantangan saat ini.

“Kita perlu duduk bersama menyusun roadmap panjang agar generasi baru Jakarta makin banyak mendapatkan pengalaman pramuka dan secara khusus,” tuturnya

Selain itu, Gubernur Anies berharap gerakan pramuka DKI bisa menjadi pelopor yang membuat Jakarta lebih nyaman hingga sejahtera. Dia berharap pramuka ikut menyelesaikan masalah di Jakarta.

“Saya berharap kepada kakak-kakak dan adik-adik untuk dapat menjadi bagian yang aktif di dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada di Jakarta ini,” tambahnya.

Gubernur Anies juga ingin gerakan pramuka bisa berperan dalam program lingkungan hidup, pengolahan limbah, dan naturalisasi sungai. Peran ini untuk membangun ekosistem lingkungan hidup yang sehat.

“Karena itu saya harap gerakan pramuka di DKI bisa mengambil peran aktif di sini. Saya berharap gerakan pramuka bisa mengambil peran khsusus ini,” ucap dia.

Selain itu, Gubernur Anies juga ingin gerakan pramuka peduli dan membantu mengurangi masalah kekerasan dalam rumah tangga, membantu saudara yang lanjut usai, hingga menekan peredaran narkoba. Gubernur Anies meminta pramuka bisa menyelesaikan masalah di lingkungan sekitarnya.

“Membantu saudara kita yang berusia lanjut, makin menekan peredaran dan penyalahgunaan obat-obat terlarang dan juga problem-problem sosial lainnya. Pramuka hadir ikut terlibat ikut menyelesaikan permasalahan yang ada di sekitarnya,” jelasnya. (hop)

- Advertisement -

TERBARU

Memfasilitasi Upaya Penyelesaian Permasalahan PPDB DKI Jakarta

Kastara.ID, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi dan memfasilitasi upaya penyelesaian permasalahan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta. Rakor dipimpin...