Kastara.ID, Jakarta – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta memastikan tiga panggung besar yang dibangun di seputar kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) telah siap digunakan untuk meramaikan acara Jakarta Muharram Festival (JMF) yang dihelat mulai sore hari ini.

“Kemarin sore kami sudah rapat koordinasi terakhir dipimpin Pak Gubernur. Kesiapannya sudah 95 persen. Mudah-mudahan tidak ada halangan apapun dan berjalan lancar sesuai rencana yang disusun,” ujar Edy Junaedi, Kepala Disparbud DKI Jakarta, Sabtu (31/8).

Edy menargetkan, pengunjung acara JMF sejak sore hingga malam nanti bisa mencapai 20.000-25.000 orang. Kegiatan ini sendiri rencananya akan menjadi agenda rutin yang dihelat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di tahun-tahun berikutnya.

“Kita siapkan tiga panggung besar. Dua di Bundaran HI yang akan dipakai live untuk on air. Satu panggung lainnya di depan Menara BCA,” katanya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Pawai Obor dan Off Air JMF Sarah Kasenda mengungkapkan, secara teknis, persiapan acara JMF dari sisi pertunjukan dan alur acara sudah 95 persen.

“Secara keseluruhan kami sudah siap,” ucapnya.

Sarah menjelaskan, tiga panggung besar yang disiapkan di lokasi acara JMF akan diramaikan sejumlah penampil. Panggung 1 disediakan untuk Ustad Maulana, Ustad Syam, Opick, Takaeda, Band Kotak, Band Wali, Alpha Plus, dan Rampak Bedug.

Sementara panggung 2 diisi Band Potret, Hijab Band, Pasha & Band, Sufi Dancer dan Fire Dance. Sedangkan panggung 3 dimeriahkan penampilan Wika Salim, Kanda Brothers, Koes Plus Junior, dan Jiung Band.

“Di panggung besar, semua pengisi acara akan mulai tampil pukul 17.00. Keseluruhan acara sampai pukul 23.00,” terangnya.

Ia menambahkan, acara JMF juga akan diramaikan Pawai Obor yang diikuti 2.700 peserta perwakilan dari lima kota dan satu kabupaten DKI Jakarta. Pawai Obor dijadwalkan dimulai dari Patung Kuda Arjuna Wihaha hingga Bundaran HI.

“Pawai Obor menggunakan obor elektrik,. Saat on air JMF kita juga akan adakan flash mob yang diikuti seluruh peserta Pawai Obor,” tandasnya.

Pantauan di lapangan, tiga panggung utama terlihat sudah dipasang. Begitu pula spanduk berisi informasi terkait area lokasi JMF. Nampak pula sejumlah panitia melakukan pengerjaan finishing di panggung. Termasuk menyiapkan alat-alat musik dan speaker untuk para pengisi acara. (hop)