Kastara.ID, Jakarta – Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf melepas ratusan pelajar Madrasah Ibitidaiyah (MI) Sa’adatudarrain peserta Pawai Muharam.

Juani mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan untuk ikut menyemarakkan Tahun Baru 1441 Hijriah tersebut diikuti 600 pelajar dengan menempuh rute sekitar dua kilometer.

“Kami ingin anak-anak usia dini di MI Sa’adatuddarain juga mengerti tentang penanggalan atau kalender Hijriah,” ujar Juaini, yang juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Madrasah Sa’adatuddarain, di lokasi acara, Jalan Mampang Prapatan Raya, Kelurahan Tegal Parang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Sabtu (31/8).

Juaini menjelaskan, melalui kegiatan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan silaturahmi dan interaksi antar sesama murid maupun orang tua murid. Sebab, selain para pesera didik kegiatan tersebut juga diikuti oleh wali atau orang tua murid.

“Ini menjadi momentum untuk meningkatkan kekompakan, kebersamaan, dan ukhuwah,” terangnya.

Ia menambahkan, adanya kegiatan Jakarta Muharram Festival (JMF) di tingkat provinsi diharapkan semakin menggelorakan semangat warga untuk bersama-sama menyemarakkan pergantian tahun Hijriah.

“Semoga sebagaimana di sekolah kami, kegiatan Jakarta Muharram Festival juga bisa menjadi agenda rutin setiap tahun,” jelasnya.

Salah seorang wali murid, Dewi Masturoh menuturkan, insiatif yang dilakukan oleh pengurus yayasan atau pihak sekolah sangat bagus.

“Kami sangat senang sekali, anak-anak juga sangat antusias mengikuti pawai,” ungkapnya.

Sementara, murid kelas V MI Sa’adatuddarain, Nurul Maulidan mengungkapkan, dirinya sangat senang bisa mengikuti acara Pawai Muharram tersebut. “Seneng banget, bisa ikut pawai sama teman-teman,” tandasnya. (hop)