100 Dokter(twitter.com)

Kastara.ID, Jakarta – Warganet dikejutkan dengan unggahan di media sosial tentang dokter di Indonesia yang menjadi korban penularan virus corona atau COVID-19. Unggahan yang muncul di media sosial twitter sejak Ahad (30/8) itu menampilkan poster bergambar seorang dokter. Terdapat tulisan “INDONESIA MENGHENINGKAN CIPTA, 100 DOKTER MENINGGAL DUNIA AKIBAT COVID-19.”

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid yang me-retweet unggahan tersebut turut mengucapkan duka cita. Politisi PKS ini mengatakan, di antara dokter yang gugur terdapat guru besar dan dokter spesialis. Selain dokter, menurut Hidayat, juga ada tenaga medis lainnya, seperti perawat yang juga meninggal dunia akibat Covid-19.

Melalui akun twitternya @hnurwahid, Hidayat pun mendoakan, semoga Allah SWT menerima pengabdian mereka dan memasukkannya ke dalam surga.

Sementara Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Daeng M Faqih membenarkan kabar tersebut. Saat memberikan keterangan, Senin (31/8), Daeng mengatakan, berdasarkan data yang ada, hingga Ahad (30/8) sudah 100 dokter meninggal dunia akibat Covid-19.

Sedangkan kasus penularan virus corona sudah mencapai 172.053 kasus. Penambahan kasus baru perhari juga menunjukkan peningkatan yang sangat besar. Saat ini penambahannya sudah mencapai tiga ribu kasus per hari.

Pemilik akun Beruang Kutub @firdzaradiany dalan cuitannya merinci jumlah dokter yang meninggal dunia akibat Covid-19 sejak Marek 2020 sebanyak 11 dokter. Selanjutnya April 14, Mei 4, dan Juni 10 dokter.

Pada Juli dan Agustus jumlahnya melonjak tajam, masing-masing 30 dan 31 orang dokter meninggal dunia. Pada akhir cuitannya, pemilik akun menyerukan “Selamatkan Dokter Indonesia.” (ant)