Afghanistan

Kastara.ID, Jakarta – Paus Fransiskus menyerukan agar seluruh umat Kristen di dunia untuk berdoa dan berpuasa memohon kepada Tuhan untuk membawa perdamaian di Afghanistan.

Dalam misa mingguan di Lapangan St Peter, Vatikan, Paus mengatakan, dia mengikuti berita tentang Afghanistan dengan cemas dan ikut merasakan penderitaan mereka yang menjadi korban dari tragedi bom bunuh diri di Bandara Kabul, Afghanistan, Kamis lalu.

“Saya meminta semuanya melanjutkan membantu mereka yang membutuhkan dan berdoa agar dialog dan solidaritas bisa membawa perdamaian dan persaudaraan untuk hidup berdampingan yang memberikan harapan di masa depan untuk Afghanistan,” kata Paus, sebagaimana dilansir laman Reuters (30/8).

“Sebagai umat Kristen, situasi ini juga mengikat kita. Maka dari itu, saya mengimbau seluruh umat untuk berdoa dan berpuasa, berdoa dan berpuasa, berdoa dan menyesali. Sekarang adalah saatnya untuk melakukan hal tersebut.”

Serangan bom bunuh diri pada hari Kamis (26/8) lalu menewaskan 13 pasukan Amerika di luar gerbang bandara saat ribuan orang akan pergi keluar dari Afghanistan sejak Taliban menguasai negara itu.

Hanya ada sedikit umat Kristen di Afghanistan dan hampir semuanya adalah orang asing di kedutaan dan pekerja kemanusiaan. (har)