Open Defecation Free (ODF)

Kastara.ID, Depok – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Depok Jaya bersiap mengikuti Lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) tingkat Kota Depok Tahun 2021. Wilayah ini terpilih mewakili Kecamatan Pancoran Mas dalam lomba tersebut.

Sekretaris TP-PKK Kecamatan Pancoran Mas, Siti Sukma Kusumaningtyas mengatakan, rencananya Lomba Kesrak PKK akan digelar pertengahan September mendatang. Sebelum lomba, para kader perlu mempersiapkan diri.

“Dalam waktu dekat kami harus membuat profil tentang lokasi fokus lomba Kesrak, sebelum itu kami adakan pembinaan dengan diskusi,” katanya seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok, Selasa (31/8).

Depok Jaya ditunjuk sebagai wakil Kecamatan Pancoran dalam lomba ini, karena sudah menjadi wilayah Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan. Pasalnya, ODF menjadi salah satu kriteria lomba.

“Terdapat beberapa jenis penilaian. Mulai dari segi kesehatan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih Sehat (LBS), serta Posyandu,” ujar Sukma.

Di tempat yang sama, Lurah Depok Jaya, Herman menyebut, lokasi fokus (lokus) Lomba Kesrak tahun ini berada di RW 09. Di lokasi ini telah terbentuk Kampung Keluarga Berencana (KB), Kawasan Rumah Pangan Lestari, dan Posyandu Cempaka.

“Meski sedang pandemi Covid-19 lomba Kesrak ini harus tetap dilaksanakan, untuk memotivasi para Kader untuk memajukan PKK dan memberikan inovasi yang baru untuk pembangunan di wilayahnya,” tandasnya. (dha)