Amiruddin Bagus Kahfi

Kastara.ID, Jakarta – Arsenal batal merekrut Amiruddin Bagus Kahfi (17), penyerang Timnas U-19 Indonesia yang sempat mengikuti program Garuda Select di Inggris Januari-Mei 2019 karena berasal dari Indonesia.

Menurut Supersoccer TV Business Development Mirwan Suwarso pada awal pekan ini, meskipun pelatih akademi Arsenal yang sekaligus mantan bek timnas Jerman dan Arsenal Per Mertesacker mengagumi kemampuan Bagus dalam bermain sepak bola, pihaknya tetap tidak dapat merekrut Bagus karena berasal dari Indonesia.

Diketahui peringkat FIFA Indonesia jauh di bawah standar Inggris. Terhitung sampai Oktober ini, Indonesia menempati peringkat 171 FIFA, jauh di bawah Inggris yang menempati peringkat keempat.

Dikutip kompas.com, Ketua Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) Greg Dyke mengumumkan, rencana aturan pembatasan jumlah pemain non-Uni Eropa yang berlaga di Liga Primer serta pemberlakukan aturan terkait pembinaan pemain muda. Salah satu isi dari peraturan tersebut, yaitu pemain non-Uni Eropa adalah pemain negara yang berada dalam 70 besar FIFA, serta telah bermain minimal dalam 75 persen pertandingan timnas di negeri itu dalam laga internasional minimal dua tahun.