Toyota Kijang Innova

Kastara.ID, Jakarta – Pada Agustus lalu PT Toyota Astra Motor mengumumkan kampanye penarikan ulang (recall) terhadap 36.841 unit kendaraan Toyota yang dipasarkan di Indonesia karena masalah fuel pump atau pompa bensin. Beberapa model itu antara lain Toyota Alphard produksi 2017-2018, Toyota Corolla (2018), Toyota FJ Cruiser (2013-2014), Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner, dan Toyota Hilux (2017-2019).

“Sejak Juli hingga saat ini progres perbaikan kembali mobil yang masuk daftar recall sekitar 47 persen,” kata Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy seperti dilansir Tempo (26/10).

Pompa bensin, seperti namanya, berfungsi untuk memompa bensin dari tangki ke injektor, kemudian disemprotkan ke ruang bakar. Jika komponen ini bermasalah, dampaknya bisa hingga menyebabkan pasokan bahan bakar dari tangki ke injektor terhenti. Mesin mobil tidak dapat dihidupkan alias mogok.

Proses pengecekan dan penggantian fuel pump disebut tak memakan waktu lama, hanya berlangsung sekitar 2 jam hingga maksimal 4 jam. Biaya pergantian atau servis ini juga digratiskan.

Toyota Astra Motor juga mengklaim telah mengirimkan pemberitahuan melalui surat resmi kepada konsumen. Seluruh jaringan dealer Toyota juga dilibatkan untuk memastikan pelanggan bisa segera melakukan penggantian pompa bahan bakar tersebut.