Depok

Kastara.ID, Depok – Pilkada Depok masih sekitar dua tahun lagi, namun dukungan dari berbagai elemen masyarakat rupanya sudah memiliki bakal calon wali kota yang akan didukung nanti.

Setelah muncul pasangan paket komplet Pradi Supriatna-Babai Suhaimi beberapa waktu lalu, kemudian disusul Ketua DPD Golkar Depok, Farabi Arafiq, kini mencuat dukungan untuk Sekretaris Daerah Pemkot Depok, Supian Suri agar maju di Pilkada Depok 2024 mendatang.

Ulama Depok yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum MUI Kota Depok, KH Syamsul Yakin menilai, Supian merupakan seorang birokrat sekaligus tokoh muda Depok.

“Untuk kalangan birokrat Kota Depok beliau adalah rising star, kendati memulai karirnya dari bawah, tepatnya jadi ajudan pada masa wali kota terdahulu,” ujar Syamsul ketika ditemui di kantor MUI Depok, Kamis (15/9).

Syamsul mengatakan, jika menelisik nama depannya, Supian, adalah nama tokoh besar pada sebelum era kenabian. Sedangkan nama belakangnya, lekat dengan nama sufi, era Rabiatul Adawiyah.

“Nama Supian Suri lekat dengan nama arab yang sudah dilokalisasi. Kesan saya kepadanya yakni muda, cerdas, merakyat, pekerja keras. Buktinya saat ini sudah menduduki jabatan struktural tertinggi di Pemerintah Kota Depok. Mengacu pada sejumlah daerah, peluang sekda untuk jadi wali kota itu sangat tinggi,” paparnya.

Supian Suri harus dicarikan pasangan dari kalangan kultural. Karena, sambungnya, orang struktural dan pasangannya harus dari barat karena beliau berasal dari Depok sebelah timur.

“Pasangannya harus dari kalangan ulama karena beliau ahli birokrat. Soal kendaraan, itu soal mudah saja, kalau komunitas kultural sudah menyatu dengan arasy birokrat, maka dukungan akan datang berduyun-duyun, asal tema yang diusung adalah ‘perubahan untuk perbaikan’ sektor dan subsektor vital di Kota Depok,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh tokoh muda Depok, Reza Pahlevi. Pria yang akrab disapa Josh itu menilai, Supian merupakan sosok pribadi yang ramah, baik, cerdas, religius dan fleksibel.

“Kami melihat Supian bisa menjadi titik tengah semua kepentingan. Artinya, dengan kondisi masyarakat Depok yang plural dan beraneka ragam latar belakang, rasanya sosok Supian bisa menjadi seorang pemimpin yang mumpuni menggantikan Pak KH Mohammad Idris di Pilkada nanti,” tegasnya.

Josh juga menilai Supian Suri sebagai sosok yang komplet dan bisa masuk di semua kalangan baik milenial, birokrat bahkan di kalangan rohaniawan.

“Kami siap mendukung dan mendoakan yang terbaik untuk beliau. Usia beliau saat ini sedang matang-matangnya dan produktif. Maka wajib kami dukung untuk menjadi pemimpin Depok ke depan,” ungkapnya.

Menanggapi munculnya dukungan dari berbagai elemen masyarakat, Supian mengucapkan terima kasih.

“Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan. Namun untuk saat ini saya tetap fokus pada tugas saya. Belum tahu (terjun ke politik, red),” pungkasnya. (*)