Kastara.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pameran otomotif berskala internasional

Perhelatan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) Tahun 2018 telah dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo, di Ruang Semeru JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4) pagi.

Presiden Jokowi memuji tema yang dipilih yang berkaitan dengan dukungan dan komitmen kepada mobil listrik. “Ini jelas menunjukkan bahwa penyelenggara acara ini paham betul bahwa Revolusi Industri 4.0 sedang menuju ke sektor otomotif juga,” katanya.

Presiden juga mengingatkan konsekuensi dari revolusi industri 4.0 di sektor otomotif, termasuk dampak dari transisi menjadi mobil listrik. Termasuk jumlah komponen otomotif dalam sebuah mobil listrik yang jumlahnya hanya sepersepuluh dari mobil biasa.

“Kalau besok semua mobil di Indonesia sudah ganti menjadi mobil listrik, ya industri otomotif akan menciut 10%,” jelas Presiden.

Mobil listrik merupakan sebuah mesin yang jauh lebih sederhana dan lebih simpel dari mobil biasa, maka mobil listrik jauh lebih jarang mogok dan jauh lebih jarang perlu diperbaiki atau dirawat. “Berarti ke depan yang namanya bengkel kerjaannya juga akan jauh lebih berkurang,” tambahnya.

Juga ada dampak dari sektor e-commerce, yaitu sharing economy. Berkembangnya layanan model Go Car, Grab Car, semakin memudahkan pelanggan mengakses angkutan mobil kapan saja, di mana saja dengan menggunakan aplikasi mobile di ponsel.

Presiden mengaku, dirinya mendapatkan informasi bahwa perusahaan mobil BMW sedang menjalankan eksperimen abonemen mobil BMW. Dengan demikian, lanjut Presiden, beli mobil, tapi bayar abonemen bulanan dan dengan aplikasi mobile, bisa mengakses berbagai model mobil BMW kapan saja dan di mana saja.

“Tren seperti ini yang harus kita baca karena transfer harus kita baca. Akhirnya banyak yang menyampaikan, ngapain masih beli mobil,” tutur Presiden Jokowi. (dwi)