Transmigrasi

Kastara.ID, Depok – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok akan melakukan seleksi bagi peminat program transmigrasi. Seleksi dilakukan guna meningkatan kualitas keterampilan calon transmigran yang akan dikirim ke Gorontalo.

Kepala Disnaker Kota Depok Manto Djorghi mengatakan, calon transmigran harus benar-benar mempersiapkan diri untuk mengikuti program ini. Nantinya para transmigran akan dikirim ke Gorontalo untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi di provinsi penghasil jagung tersebut.

“Kebetulan dari Kota Depok dapat jatah tiga orang. Nantinya mereka diberi rumah tinggal di atas lahan seluas 2 hektare bersamaan dengan transmigran lainnya,” ujar Manto, di ruang kerjanya, Rabu (13/3).

Seleksi peserta meliputi administrasi dan teknis. Seleksi administrasi dilakukan dengan meneliti keabsahan dan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Sedangkan seleksi teknis dilakukan dengan menguji kemampuan dan keterampilan sesuai dengan kualifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibutuhkan.

“Setelah mengikuti seleksi di pertengahan tahun ini, tiga peserta yang lolos akan diberikan pelatihan umum dasar. Setelah siap, peserta akan dikirim dan menetap di Gorontalo kurang lebih pada akhir tahun, untuk membangun wilayah,” katanya.

Warga Depok yang dikirim nantinya harus mampu berkontribusi bagi kemajuan pertanian dan pembangunan di Gorontalo, agar lebih maju dan sejahtera.

“Kami ikut bangga jika warga Depok bisa berkontribusi untuk pembangunan. Mudah-mudahan peserta yang kami kirim merupakan putra putri terbaik yang memiliki peran yang sangat besar untuk mengurangi kesenjangan,” harapnya. (*)