Festival Ondel-ondel

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 150 peserta mengikuti Festival Ondel-ondel di Anjungan Provinsi DKI TMII, Jakarta Timur.

Kepala Anjungan Provinsi DKI dan Graha Wisata DKI Fadlan Zuhran mengatakan, festival digelar dalam rangka memyambut HUT TMII ke-44.

Dalam festival tersebut, ke-150 peserta diwajibkan mendekorasi Ondel-ondel di Anjungan Provinsi DKI. Para peserta diberikan waktu 30 menit oleh tim juri dari Lembaga Kebudayaan Betawi untuk merias atau mendekorasi.

Selanjutnya, para peserta itu juga wajib atraksi di Plaza Tugu Api pada Ahad (21/4) besok. “Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan Betawi,” ujarnya, Sabtu (20/4).

Menurutnya, Ondel-ondel yang dekorasinya rapi, apik, dan atraksinya bagus, tentunya akan dijadikan sebagai pemenangnya. Juara pertama akan meraih hadiah uang pembinaan sebesar Rp 10 juta, kedua Rp 8,5 juta, ketiga Rp 7,5 juta. Para pemenang juga mendapatkan piagam dan piala.

Sementara Ketua Komunitas Ondel-ondel Jakarta Yogi Ahmad menambahkan, peserta festival ondel-ondel berasal dari anggota sanggar di lima wilayah ibukota. Pihaknya juga mengapresiasi pada panitia yang telah menyelenggarakan festival. Karena selain dapat eksis di depan publik juga untuk melestarikan budaya Betawi.

“Kami berharap festival seperti ini rutin diadakan setiap tahun. Kami bangga karena ikut andil melestarikan warisan budaya bangsa,” kata Yogi.

Kepala Bidang Seni Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Gumilar mengatakan, festival ondel-ondel ini baru pertama kali digelar.

Melihat antusias masyarakat yang sangat tinggi maka pihaknya akan mengusulkan agar ini menjadi agenda rutin tahunan. “Ke depan akan diupayakan agar ini menjadi agenda rutin tahunan,” tandasnya. (hop)