Kompetisi Jurnalistik APAA 2017

Kastara.id, Jakarta – Asuransi Astra secara resmi meluncurkan kegiatan Apresiasi Pewarta Asuransi Astra 2017 (APAA 2017) pada 1 Agustus lalu. Kegiatan perlombaan penulisan artikel dan foto jurnalistik bagi pewarta media ini merupakan kali kedua bagi Asuransi Astra melaksanakan kegiatan sejenis yang sebelumnya digelar pada tahun 2015.

Tema APAA 2017 adalah Digitalisasi Asuransi Umum bagi Kemajuan Negeri. Tema ini sejalan dengan inovasi yang telah dilakukan Asuransi Astra sejak 2015 yang mulai memasuki platform digital. Berbagai digitalisasi proses bisnis baik internal maupun eksternal terus dilakukan dengan diluncurkannya Garda Mobile. Garda Mobile adalah kumpulan aplikasi mobile yang terdiri dari Otocare dan Medcare untuk masyarakat luas, cr-akses dan hr-akses untuk pelangan, sementara Otosales dan Otosurvey untuk tim internal.

Melalui strategi going mobile di tahun 2016 dan dilanjutkan dengan strategi simply memorable di tahun 2017, Asuransi Astra akan terus melakukan inovasi digital yang sesuai dengan tujuan Perusahaan untuk menjadi The Most Admired General Insurance in Indonesia. Melalui strategi simply memorable, setiap inovasi yang dikembangkan diharapkan mampu memberikan pengalaman yang berkesan dan memudahkan setiap pelanggan.

Iwan Pranoto selaku Head of Communication & Event Asuransi Astra mengungkapkan, Asuransi Astra terus berinovasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi negeri. “Kami menyadari bahwa di era digital ini, segala kemudahan dimungkinkan termasuk dalam industri asuransi umum. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami. Semakin baik pelayanan yang diberikan oleh pihak asuransi, maka kesejahteraan masyarakat penggunanya pun akan semakin meningkat,” katanya.

APAA 2017 terbuka untuk semua pewarta media di seluruh Indonesia, di mana satu peserta boleh mengirimkan lebih dari 1 (satu) karya. “Kami mengundang seluruh pewarta untuk berpartisipasi dalam APAA 2017. Semakin banyak karya tulisan atau foto jurnalistik yang dihasilkan, maka akan semakin menginspirasi masyarakat mengenai pentingnya asuransi dan tidak melihat pemanfaatan asuransi sebagai sesuatu yang merepotkan khususnya di era digitalisasi ini,” sambung Iwan.

Kategori APAA 2017 terbagi atas 4 (empat) kategori yaitu Artikel Cetak (AC), Artikel Online (AO), Foto Jurnalistik Cetak (FC), dan Foto Jurnalistik Online (FO). Total nilai apresiasi yang diberikan tahun ini adalah sebesar 99 (sembilan puluh sembilan) juta rupiah, di mana detail apresiasi untuk setiap kategori adalah sebagai berikut:
1. AC: Juara I 15 juta – Juara II 10 juta – Juara III 7 juta
2. FC: Juara I 12 juta – Juara II 8 juta – Juara III 5 juta
3. AO: Juara I 12 juta – Juara II 7 juta – Juara III 5 juta
4. FO: Juara I 10 juta – Juara II 5 juta – Juara III 3 juta

Periode pengiriman karya dimulai dari 1 Agustus hingga 26 November 2017 dengan masa penerbitan karya di media adalah 1 Agustus–24 November 2017. Pengiriman karya via email ditujukan ke pr@asuransiastra.com dengan subyek: APAA2017_Kategori_Nama_Institusi Media. Informasi lebih lengkap mengenai syarat dan ketentuan APAA 2017 dapat diakses melalui website resmi www.asuransiastra.com/apaa2017. (dwi)