Fadjroel Rachman

Kastara.ID, Jakarta – Juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan, saat ini peran influencer sangat penting. Bahkan influencer menjadi key opinion leader atau ujung tombak dalam membangun komunikasi kebijakan publik. Terutama di era transformasi dan demokrasi digital seperti saat ini.

Dalam keterangan tertulis yang diterima awak media (31/8), Fadjroel menyebut influencer adalah “Aktor Digital Ujung Tombak Transformasi dan Demokrasi Digital.” Menurutnya, perkembangan masyarakat saat ini menempatkan para aktor digital, termasuk influencer, dalam posisi penting. Peran mereka, menurut Fadjroel adalah sebuah keniscayaan. Terlebih para influencer umumnya berasak dari kelas menengah.

Fadjroel menambahkan, dalam konteks pemerintahan demokrasi, kelas menengah adalah kelompok sosial yang sangat aktif di dunia digital. Itulah sebabnya peran para aktor digital dibutuhkan untuk menjadi jembatan komunikasi kebijakan pemerintah dengan seluruh warga.

Fadjroel yakin aktor digital, termasuk influencer, akan terus berkembang dan berpengaruh terhadap aktivitas produktif sosial, ekonomi, dan politik. Hal ini menurut Fadjroel juga selaras dengan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar Indonesia melakukan transformasi digital. Hal ini sebagai prasyarat transformasi ekonomi dan demokrasi digital.

Menurut Fadjroel, banyak bagian dari strategi kebijakan yang perlu berpijak pada sistem dan masyarakat digital. Termasuk pengakuan peran kuat aktor digital sebagai jaringan informasi. (ant)