Pulau Dokdo

Kastara.ID, Jakarta – Helikopter pemadam kebakaran milik Korea Selatan (Korsel) dilaporkan jatuh di lepas pantai pulau kecil bersengketa, Dokdo, Kamis (31/10) malam.

Untuk diketahui, Seoul telah menguasai pulau-pulau di Dokdo yang terletak di Laut Jepang sejak 1945, saat pemerintahan kolonial di semenanjung itu berakhir. Namun hingga kini Tokyo masih mengklaim bahwa pulau tersebut.

Helikopter tersebut mengangkut tujuh penumpang itu jatuh tidak lama setelah lepas landas.

Hingga saat ini seluruh penumpang belum ditemukan yang terdiri dari lima anggota penyelamat, nelayan, dan seorang warga sipil. Saat ini tim penyelamat masih berusaha mencari para korban.

Diketahui, helikopter berjenis Eurocopter EC225 itu hendak membawa korban luka menuju rumah sakit. Korban diduga seorang nelayan yang mengalami kecelakaan di kapal penangkap ikan.

Pasien tersebut membutuhkan operasi medis yang hanya bisa dilakukan dengan fasilitas di daratan, sehingga dibawa menggunakan helikopter.

Juru Bicara Badan Pemadam Kebakaran Nasional Korea Selatan mengatakan, Kementerian Pertahanan telah mengirim pesawat dan mengerahkan penyelam untuk membantu pencarian. (yan)