Kastara.ID, Termas de Rio Hondo — Pembalap satelit Gresini Racing, Alex Marquez, berhasil meraih Pole di sesi Kualifikasi MotoGP Argentina 2023.

Hasil ini tidak mudah bagi Alex, karena dia harus berjuang di sesi Q1 lebih dahulu.

Dia dan pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, kemudian menjadi yang tercepat dan dapat bergabung dengan pembalap lain di Q2.

Rupanya, Q1 sangat menguntungkan bagi Alex, karena dia sudah lebih tahu kondisi lintasan dari pada pembalap yang langsung masuk ke Q2.

Kondisi lintasan memang menjadi sulit di Termas karena hujan baru reda, ada beberapa bagian aspal yang masih basah. Juga, Alex mengalami insiden kebakaran motor selama Q1 di menit akhir.

Namun pada akhirnya Alex berhasil meraih Pole, ini menjadi posisi terdepan pertamanya di kelas utama.

“Terkait tentang bertahan di Q1 memang disengaja,” ujar Alex bergurau kepada DAZN, yang dilansir Motosan.es.

“Benar bahwa hari ini menguntungkan kami, dari Q1 kami tahu bagaimana kondisi lintasan. Ini sedikit drama karena saya hanya punya satu motor, karena saya pikir saya tidak akan punya waktu. Kami sudah memasang ban kering, tapi tetap mempertahankan konfigurasi motor basah. Saya sangat senang dan kami keluar lebih dulu (Q1),” papar Alex.

Di seri sebelumnya, di Portugal, sang kakak, Marc Marquez, juga berhasil meraih Pole setelah masuk ke Q1 lebih dahulu.

Pencapaian ini juga menciptakan catatan menarik di MotoGP, yakni posisi Pole back to back yang diraih oleh saudara kakak-adik di kelas MotoGP. (tra)