Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kepulauan Seribu, Sonti Pangaribuan mengatakan, ribuan wisatawan ini, baik lokal maupun mancanegara datang dari dermaga di Jakarta dan Tangerang seperti Dermaga Marina Ancol, Dermaga Kaliadem, Dermaga Tanjung Pasir, dan Dermaga Cituis.

“Sejak kemarin hingga hari ini totalnya sudah 7.851 wisatawan yang masuk ke Kepulauan Seribu melalui empat dermaga tersebut,” katanya, Jumat (2/6).

Sonti menyebutkan, selama dua hari ini, wisatawan yang datang dari Dermaga Marina Ancol 1.756 orang, Dermaga Kaliadem Muara Angke 5.160 orang, Dermaga Tanjung Pasir 886 orang, dan Dermaga Cituis 49 orang.

Pihaknya mengerahkan petugas gabungan untuk melakukan pengawasan secara ketat di dermaga keberangkatan dan kedatangan para wisatawan.

“Para wisatawan ini datang mengunjungi berbagai pulau penduduk seperti Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Pramuka, hingga Pulau Harapan,” ucapnya.

Menurut Sonti, kunjungan para wisatawan ini diprediksi masih akan terus bertambah. Mengingat masih ada libur cuti bersama pada momen akhir pekan.

“Semakin banyak wisatawan yang datang, perekonomian warga juga meningkat,” tandasnya. (hop)