Kastara.id, Depok – Kota Depok baru saja ditetapkan sebagai salah satu daerah penerima gelar Adipura 2017. Penyerahan gelar Adipura tersebut telah berlangsung di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Rabu (2/8) pagi.

Setelah menerima piala Adipura, Wali Kota Depok Idris Abdul Somad dan Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriyatna langsung mengaraknya keliling Kota Depok. Dimulai dari pintu Tol Cijago di Cimanggis, arak-arakan Piala Adipura langsung mengambil rute melintasi beberapa ruas jalan di wilayah Depok.

Rute yang dilalui meliputi Jalan Raya Bogor, Jalan Tole Iskandar, Jalan Siliwangi, Jalan Margonda, Jalan Arief Rahman Hakim, Jalan Nusantara, Jalan Raya Sawangan, Jalan Raya Limo, Cinere, Krukut, Gandul, Kukusan, dan kembali ke Jalan Arief Rahman Hakim dan berakhir di Balai Kota Depok.

Selama arak-arakan, terlihat Idris dan Pradi berdiri di bak mobil double cabin warna hitam dan dibelakangnya ikut sejumlah mobil dinas dan rombongan sepeda motor dari para PNS Pemkot Depok. Mereka mendapat sambutan hangat dari warga Depok, termasuk para petugas kebersihan maupun anggota pramuka.

Adipura merupakan penghargaan khusus dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang memberikan penilaian kepada daerah di Indonesia yang berhasil dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan.

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriyatna pun mengungkapkan rasa syukurnya atas gelar Adipura yang diraih Kota Depok tahun ini. “Masukan kritik dan saran akhirnya membuahkan hasil piala bergengsi dari pemerintah pusat bisa didapat. Semoga ini tambah membuat kami semangat dalam berkarya,” ujar Pradi.

Kota Depok yang berjuluk Kota Belimbing akhirnya berhasil meraih penghargaan tertinggi di bidang kebersihan. Sebagai catatan, Kota Depok pernah menorehkan prestasi dalam bidang lingkungan hidup. Namun raihan tersebut baru mendapat ganjaran berupa Serifikat Adipura pada 2013 dan 2015. Baru pada tahun inilah Kota Depok meraih prestasi tertinggi dengan Piala Adipura. (irw)