Beranda Headline Berita BMKG Imbau Wilayah Papua Kurangi Aktivitas di Laut Ada Gelombang Tinggi

BMKG Imbau Wilayah Papua Kurangi Aktivitas di Laut Ada Gelombang Tinggi

Kastara.ID, Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai gelombang tinggi di laut utara Papua dan Papua Barat pada Senin-Selasa (2-3/12).

BMKG mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat dan nelayan agar mengurangi aktivitas di laut.

Kepala BMKG Stasiun Rendani Manokwari Denny Putiray mengungkapkan, fenomena ini karena ada pusaran angin terjadi di Samudera Pasifik hingga berdampak pada kecepatan angin di laut.

Beberapa wilayah yang harus diwaspadai dengan potensi kemunculan awan gelap (cumulonimbus) di Perairan Manokwari, Perairan Biak, Sarmi Jayapura, Raja Ampat-Sorong, Teluk Cenderawasih, dan Perairan Fak-Fak, Kaimana.

Berdasarkan citra satelit, pada dua hari ke depan hampir seluruh wilayah di Papua Barat berpotensi diguyur hujan hingga sedang. Selain cuaca ekstrem di wilayah tersebut, masyarakat pun diimbau lebih waspada akan potensi banjir dan longsor. (yan)

- Advertisement -

TERBARU

Jika Belum Siap, Kepala Daerah di Zona Hijau-Kuning Jangan Buka Sekolah

Kastara.ID, Jakarta — Penanganan dan penanggulangan Covid-19 yang tampaknya masih membutuhkan waktu panjang membuat Pemerintah melakukan berbagai penyesuaian kebijakan, salah satunya terkait pembelajaran di...