Virus Corona

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menjelaskan kondisi Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjalani masa observasi di Natuna dalam keadaan sehat.

Seperti diketahui, observasi selama 14 hari dilakukan guna mengantisipasi keberadaan virus corona.

Kondisi tersebut dilaporkan Terawan dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senin (3/1). Ia menjelaskan bahwa seluruh WNI tersebut berbaur dengan TNI dan juga aparat militer lainnya untuk berolahraga dan makan bersama.

“Pagi ini saya menerima WA dan video dari sana. Saya melihat mereka (aparat militer dan WNI dari Provinsi Hubei) berolahraga bersama makan bersama, situasinya terlihat menyenangkan,” kata Terawan dalam rapat tersebut.

Mantan dokter militer itu juga menjelaskan bahwa sudah terdapat sejumlah pemuda dari Natuna yang ingin memberikan bantuan terkait pelaksanaan observasi tersebut. Hal itu menanggapi sejumlah penolakan dari warga lokal Natuna yang sempat beberapa kali berdemo jelang kehadiran 238 WNI.

Lebih lanjut, ia berharap agar proses 238 WNI yang menjalani masa observasi selama 14 hari dapat berjalan dengan baik. Sehingga, kata dia, para WNI yang baru datang dari Provinsi Hubei itu dapat kembali beraktivitas bersama keluarganya.

Terawan juga menyampaikan bahwa terdapat tujuh WNI yang batal dibawa pulang oleh Pemerintah Indonesia saat evakuasi beberapa hari lalu. “Mau sakit apapun tidak boleh diberangkatkan. Mau ibaratnya sakit mata itu tidak boleh, karena itu ketentuan dari WHO,” kata Terawan.

Sementara diketahui, empat orang WNI lainnya batal terbang karena merasa lebih nyaman berada di Provinsi Hubei, Wuhan. Bahkan, kata dia, keempatnya diharuskan mengisi surat pernyataan untuk tetap berada di China. (rso)